PENGARUH DIRECT METHOD TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARU ULIL ALBAAB TEGAL

-, AKMAL YA’QUB AS SAIDI (2017) PENGARUH DIRECT METHOD TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARU ULIL ALBAAB TEGAL. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of COVER.docx] Text
COVER.docx

Download (50kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.docx] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[thumbnail of BAB I.docx] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx

Download (40kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] Text
BAB IV.docx

Download (92kB)
[thumbnail of BAB V.docx] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Direct method atau Thariqah Mubasyaroh (metode langsung) yaitu suatu cara menyajikan materi pelajaran bahasa asing di mana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa anak didik (santri) sedikit pun dalam mengajar. Metode ini berpijak dari pemahaman bahwa pengajaran bahasa asing tidak sama halnya dengan mengajar ilmu pasti alam. Jika mengajar ilmu pasti, santri dituntut agar dapat menghafal rumus-rumus tertentu, berpikir, dan mengingat, maka dalam pengajaran bahasa, santri dilatih praktek langsung mengucapkan kata-kata atau kalimat-kalimat tertentu. Fokus masalah dalam penelitian ini tentang Direct Method, dengan mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kemampuan bahasa Arab santri.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 40 santri yakni kelas 2 TMI. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan didukung dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana menggunakan bantuan SPSS 16.00
Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan Direct Method memiliki nilai rata-rata sebesar 49,47 yang berada pada interval 49-52 sehingga dapat diketahui bahwa penerapan Direct Method termasuk dalam kategori “Baik”. (2) Kemampuan bahasa Arab santri memiliki nilai rata-rata sebesar 85,15 yang berada pada interval 84-85 sehingga dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan bahasa Arab santri berada dalam kategori “Cukup Baik”. (3) Berdasarkan uji hipotesis, bahwa antara Direct Method dengan kemampuan bahasa Arab Santri memiliki pengaruh “Rendah” dimana rhitung> rtabel, dengan menggunakan rumus r product moment yakni rxy = 0,375 > rtabel = 0,312 pada taraf signifikan 5%, kemudian diinterpretasikan dengan Tabel Interpretasi Nilasi rxy = 0,375 berada pada rentang Nilai r = 0,200-0,400 yang termasuk dalam kategori Rendah. Sedangkan Direct Method memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan bahasa Arab santri di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, yang ditunjukkan dengan Pengaruh Direct Method terhadap kemampuan bahasa Arab santri sebesar r square 0,141 atau 14,1%, dimana nilai signifikansinya sebesar 0,017 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Jadi dalam hal ini menolak H0 dan menerima Ha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 23 Jan 2021 13:37
Last Modified: 23 Jan 2021 13:37
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item