PERAN GURU LAKI-LAKI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 PELUTAN PEMALANG

-, ARI RIYAN WIBOWO (2018) PERAN GURU LAKI-LAKI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 PELUTAN PEMALANG. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of Cover[2].docx] Text
Cover[2].docx

Download (40kB)
[thumbnail of abstrak,_20motto,_20dll[2].docx] Text
abstrak,_20motto,_20dll[2].docx

Download (60kB)
[thumbnail of BAB_20I[1].docx] Text
BAB_20I[1].docx

Download (37kB)
[thumbnail of BAB_20II[2].docx] Text
BAB_20II[2].docx

Download (84kB)
[thumbnail of BAB_20III[2].docx] Text
BAB_20III[2].docx

Download (40kB)
[thumbnail of BAB_20IV[1].docx] Text
BAB_20IV[1].docx

Download (43kB)
[thumbnail of BAB_20V[1].docx] Text
BAB_20V[1].docx

Download (29kB)
[thumbnail of DAFTAR_20PUSTAKA[2].docx] Text
DAFTAR_20PUSTAKA[2].docx

Download (20kB)

Abstract

Ari Riyan Wibowo, 2018, Peran Guru Laki-Laki terhadap Pendidikan Karakter Anak di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Pelutan Pemalang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.

Guru laki-laki dalam lembaga pendidikan anak usia dini merupakan suatu keharusan yang ada untuk memenuhi kebutuhuan psikis anak. Terlebih lagi jika peran serta ayah anak didik dalam keluarga sangat minim. Guru laki-laki dalam proses pendidikan anak usia dini memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini karena pada usia dini, anak memerlukan nutrisi pendidikan yang kompleks meliputi berbagai macam unsur yang ada, termasuk seorang ayah atau guru laki-laki. Dalam pendidikan karakter anak, guru laki-laki menjadi penyempurna terhadap hal-hal yang kemungkinan tidak terdapat pada guru perempuan, seperti figur seorang pemimpin, ketegasan, maeskulinitas bagi anak laki-laki, kekuatan, dan sebagainya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk dalam data lapangan yang diolah dengan cara mengartikan, memahami, menjelaskan, dan mendeskripsikan suatu fenomena sosial, kebiasaan, perubahan, serta perkembangan dari hasil pengamatan. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif ini adalah pendekatan fenomenologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru laki-laki di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Pelutan Pemalang ditengah-tengah lembaga pendidikan anak usia dini sangat digandrungi serta diidolakan oleh anak didik. Dengan sikap guru yang sabar dan lemah lembut justru membuat anak lebih tertarik dengan keberadaan guru laki-laki dari pada guru perempuan. Dengan demikian, proses penanaman nilai-nilai moral, budaya, dan karakter akan lebih mudah, mengingat tabiat anak usia dini ialah merekam semua yang didengar, dilihat, dan dirasakan anak. Hal ini terbukti dengan pernyataan wali murid bahwa anak mengalami perkembangan sikap dan karakter setelah mengikuti pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Pelutan Pemalang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 11 Jan 2021 06:16
Last Modified: 11 Jan 2021 06:16
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item
View Item