IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA AL KHUFADZ DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nur Solihah, NIM : 6180003 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA AL KHUFADZ DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA AL KHUFADZ DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022 2023.pdf] Text
IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA AL KHUFADZ DESA PEGIRINGAN KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Solihah NIM. 6180003 “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Kedisiplinan Anak Usia Dini Kelompok A Di RA AL Khufadz Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kebiasaan berdisiplin yang ditanamkan pada anak di usia dini dapat mempengaruhi karakter anak dalam berbuat dan berprilaku. Dalam hal ini metode pembiasaan sangat efektif digunakan untuk membentuk karakter kedisiplinan pada anak usia dini di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang. Pertanyaan penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan pada anak kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ?, 2) Bagaimana hambatan implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter kedisiplinan pada anak kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ?, 3) Bagaimana dampak implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin pada anak kelompok A di RA Al Khufadz Pegiringan Bantarbolang Pemalang ? Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian berdasarkan paparan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) metode pembiasaan dalam pembentukan karakter kedisiplinan anak dapat dilakukan dengan a) pembiasaan baris berbaris sebelum masuk kelas, b) pembiasaan membaca do’a sebelum pembelajaran berlangsung, c) pembiasaan hafalan surat pendek, d) hafalan do’a sehari-hari, e) pembiasaan tertib dalam menunggu giliran, f) pembiasaan tertib dan mandiri saat makan, g) pemberian penghargaan (Reward) dan hukuman (Punishment), 2) Setiap proses akan mengalami sebuah hambatan dalam mengimplementasikan metode pembiasaan untuk membentuk kedisiplinan anak seperti kurangnya dukungan dari orang tua dalam membiasakan anak di rumah, anak dalam proses masa pembentukan, dan juga faktor libur sekolah, 3) perubahan yang terjadi dalam proses pembiasaan terlihat dari anak pada awal masuk sekolah hingga sekarang yang mengalami perkembangan dalam berdisiplin walaupun belum semua anak terlihat perubahannya.

Kata kunci : Metode Pembiasaan, Karakter Kedisiplinan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:28
Last Modified: 20 Jun 2023 03:58
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item
View Item