HUBUNGAN BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII MTS MA`ARIF NU GONDANG KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

-, WAHYU NUR ALAM (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII MTS MA`ARIF NU GONDANG KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of COVER,ABSRAK,PERSEMBAHAN,MOTTO.doc] Text
COVER,ABSRAK,PERSEMBAHAN,MOTTO.doc

Download (182kB)
[thumbnail of BAB 1.doc] Text
BAB 1.doc

Download (71kB)
[thumbnail of BAB 2.doc] Text
BAB 2.doc

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 3.doc] Text
BAB 3.doc

Download (243kB)
[thumbnail of BAB 4.docx] Text
BAB 4.docx

Download (41kB)
[thumbnail of BAB 5.doc] Text
BAB 5.doc

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan bimbingan keagamaan orang tua(X) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII MTs Ma`arif NU Gondang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017(Y)
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional.
Obyek penelitian sebanyak 25 responden (siswa) menggunakan teknik
proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk menjaring data bimbingan keagamaan orang tua (variabel x) dan informasi dokumenter untuk data prestasi berupa nilai raport siswa (variabel y). Data penelitian terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis satatistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi yakni korelasi product pearson atau korelasi moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara bimbingan keagamaan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikin Aagama Islam siswa ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 atau 0%. Jika dibandingkan dengan taraf signifikansi yang digunakan yaitu 5% maka diperoleh bahwa nilai sig. < taraf signifikansi yaitu 0% < 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan agama dengan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil pengujian bahwa koefisien korelasi sebesar 0,844 yang bernilai positif. Artinya bahwa hubungan antara bimbingan agama dengan prestasi belajar memiliki hubungan yang positif, yaitu semakin baik bimbingan agama orangtua maka semakin baik perstasi belajar siswa pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua, guru dan praktisi pendidikan serta masyarakat luas bahwa bimbingan keagamaan orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 24 Jan 2021 03:12
Last Modified: 24 Jan 2021 03:12
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item