PERAN PSIKOLOGI DALAM MEMBENTUK JIWA KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI ASEMDOYONG TAHUN AJARAN 2018/2019

-, KHUSNIATUL KHIKMAH (2018) PERAN PSIKOLOGI DALAM MEMBENTUK JIWA KEAGAMAAN PADA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI ASEMDOYONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH.

[thumbnail of COVER, MOTTO, _ PERNYATAAN.docx] Text
COVER, MOTTO, _ PERNYATAAN.docx

Download (84kB)
[thumbnail of BAB 1 OKE.docx] Text
BAB 1 OKE.docx

Download (29kB)
[thumbnail of BAB 2 OKE.docx] Text
BAB 2 OKE.docx

Download (58kB)
[thumbnail of BAB 3 OKE.docx] Text
BAB 3 OKE.docx

Download (34kB)
[thumbnail of BAB 4 OKE.docx] Text
BAB 4 OKE.docx

Download (53kB)
[thumbnail of BAB 5 OKE.docx] Text
BAB 5 OKE.docx

Download (1MB)

Abstract

KHUSNIATUL KHIKMAH, NIM 3140024, Peran Psikologi Dalam Membentuk Jiwa Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2018, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.
Pembimbing : I. Dr. Muntoha, S.H.,M.Hum., II. Wahyudin, S.Pd.I., M.Pd.
Dengan didasari sebuah pemikiran bahwa Peran Psikologi sangat diperlukan dalam membentuk jiwa keagamaan pada anak usia dini demi perkembangan mental anak. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui BagaimanaProblematika Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak; (2)Apa Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak; dan (3) Bagaimana peran psikologi dalam membentuk jiwa khususnya pada perkembangan nilai-nilai moral dan keagamaan pada anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi pengumpulan data peneliti peroleh bahan pendukung yang hasilnya digunakan untuk dasar penelitian dengan sebelumnya meminta izin kepada kepala sekolah TK Pertiwi Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan September Tahun 2018 untuk meneliti beberapa orang tua/ wali murid di TK Pertiwi Asemdoyong. Teknik analisis data dimulai dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan. Setelah melakukan wawancara, peneliti membuat transkip hasil wawancara dengan cara melihat kembali catatan hasil wawancara kemudian menuliskan kata-kata yang sesuai dengan apa yang ada dicatatan hasil wawancara tersebut. Setelah peneliti menulis hasil wawancara ke dalam transkip, selanjutnya peneliti membuat reduksi data dengan cara abstraksi, yaitu mengambil data yang sesuai dengan konteks penelitian dan mengabaikan data yang tidak diperlukan, selanjutnya data hasil reduksi didisplay kemudian ditarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : peran psikologi dalam membentuk jiwa keagamaan pada anak usia dini di TK Pertiwi Asemdoyong mempunyai posisi yang cukup signifikan. Dan saran yang diajukan yaitu penelitian ini diharapkan bisa memberikan suatu masukan baru untuk dijadikan pertimbangan dalam melakukan progres-progres kedepan bagi orang tua dalam membentuk jiwa keagamaan pada anak usia dini. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan penelitian lebih lanjut bagi para peneliti lain yang ingin mendalami tentang bagaimana cara membentuk jiwa keagamaan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 11 Jan 2021 08:56
Last Modified: 11 Jan 2021 08:56
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item