RISKI YULIANDA HUTAMA, NIM : 3200113 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 LUBUK SIKAPING. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN1 LUBUKSIKAPING.pdf
Download (720kB)
Abstract
Riski Yulianda Hutama, 2024, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 1 Lubuk Sikaping Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (INSIP) Pemalang.
Kurikulum Merdeka merupakan konsep pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia. Ide dasarnya adalah memberikan ruang yang lebih besar bagi kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran. Konsep ini menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa, kurikulum ini memiliki banyak keunggulan diantara nya lebih sederhana dan lebih mendalam karena fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa secara bertahap . Namun tentu dibalik banyak nya kelebihan serta keunggulan yang ditawarkan ternyata dalam penerapan kurikulum ini masih memiliki beberapa kelemahan serta kekurangan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 1 Lubuk Sikaping tahun 2024 baik itu dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di SMK N 1 Lubuk Sikaping melalui tiga tahap yaitu diawali dengan perencanaan kurikulum, pelaksanaan dari apa yang telah direncanakan kemudian evaluasi setelah dilaksanakan penerapan kurikulum. Proses perencanaan dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran yaitu dengan cara menyusun modul ajar. Selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di SMK N 1 Lubuk Sikaping selama 3jam per pekan yang akan dibagi menjadi 2 jam pembelajaran intensif dan 1 jam pelaksanaan profil pelajar pancasila. Tahap akhir yaitu proses evaluasi kurikulum yang bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan kurikulum ini sudah efektif dan sesuai dengan tujuan awal penerapan kuikulum ini tahap evaluasi ini terdiri dari penilaian formatif dan sumatif.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:56 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:56 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/97 |