PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA RA AL-HUDA BANDUNGREJO KELOMPOK B KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2023/2024

NIA OCKTAVIA AFIKA FITRI, NIM : 3200089 (2024) PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA RA AL-HUDA BANDUNGREJO KELOMPOK B KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA RA AL-HUDA BANDUNGREJO KELOMPOK B KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2024.pdf] Archive
PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA RA AL-HUDA BANDUNGREJO KELOMPOK B KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (939kB)

Abstract

Nia Ocktavia Afika Fitri, 2024, Penerapan Metode Talqin Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa RA Al-Huda Bandungrejo Kelompok B Kecamatan Bantur Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (INSIP) Jawa Tengah Pemalang.

Saat ini sudah banyak sekali lembaga maupun sekolah yang menggunakan berbagai macam metode dalam menghafal Al-Qur’an. Salah satunya adalah metode talqin. Metode Talqin merupakan metode pertama dalam pengajaran Al-Qur’an di kalangan umat Islam. Yaitu dengan membacakan ayat suci Al-Qur'an secara berulang-ulang kepada peserta didik dan kemudian diikuti oleh peserta didik tersebut. Metode ini dinilai sesuai diterapkan pada anak-anak yang kebanyakan dari mereka belum bisa membaca Al-Qur’an. Oleh karenanya sekolah Raudhatul Athfal (RA) Al-Huda Bandungrejo menerapkan metode talqin ini dalam kegiatan menghafal al-Qur’an, khususnya surat-surat pendek.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus (case studies) yang menghasilkan data untuk selanjutnya dianalisis untuk menghasilkan teori, yang diperoleh dari observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui proses penerapan metode talqin pada siswa kelompok B RA Al-Huda Bandungrejo, juga mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode talqin dalam menghafal Al-Qur'an siswa kelas B RA Al-Huda Bandungrejo.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menghafal siswa kelompok B RA Al-Huda Bandungrejo berbeda-beda tiap anak, tergantung kemampuan masing-masing, oleh karenanya diterapkan metode talqin dalam menghafal karena metode tersebut dinilai sesuai dan lebih memudahkan. Dalam proses penerapan metode talqin pada kegiatan menghafal Al- Qur'an ini meliputi dari pelaksanaan, tahapan-tahapan pembelajaran, dan evaluasi (setoran). Hasil dari penerapan metode talqin pada kegiatan menghafal Al-Qur’an yaitu lebih mudah dalam menghafal, dan lebih bagus hafalannya sesuai panjang pendek tajwidnya. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode ini, diantaranya adalah dukungan orangtua, lingkungan sekitar, serta bakat/minat anak.

Kata kunci : Menghafal Al-Qur'an, Metode Talqin, Raudhatul AthfaI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:42
Last Modified: 29 Oct 2024 03:42
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item