EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZH ALQURAN DI TPA ASH-SHIDDIIQ KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI

NANI FEBRIANI, NIM : 3200070 (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZH ALQURAN DI TPA ASH-SHIDDIIQ KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZH ALQURAN DI TPA ASH-SHIDDIIQ KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI.pdf] Archive
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TAHFIZH ALQURAN DI TPA ASH-SHIDDIIQ KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nani Febriani, 2024, Efektivitas Pembelajaran Tahfizh Alquran di TPA Ash-Shiddiiq Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP) Jawa Tengah Pemalang.

Pembelajaran tahfizh Alquran merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Alquran agar tidak terjadi pemalsuan dan perubahan. Efektivitas merupakan pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuantujuan yang telah ditentukan. Pembelajaran tersebut adalah interaksi santri dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran tahfizh di TPA AshShiddiiq Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Efektivitas pembelajaran adalah proses kegiatan pembelajaran yang berhasil guna dengan prosedur sehingga mampu mencapai hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan bahwa efektivitas pembelajaran tahfizh Alquran di TPA Ash-Shiddiiq sudah efektif. Faktor pendukung dan faktor penghambat santri dalam menghafal adalah berupa faktor internal dan eksternal. Upaya guru dalam menangani faktor penghambat santri dalam mengfafal dengan cara memberikan motivasi, mengajar dengan metode bervariasi dan bekerja sama dengan orang tua santri untuk membimbing hafalan santri melalui metode muraja’ah di rumah. Perkembangan bacaan santri terdapat perubahan menjadi lebih baik dari segi tajwid maupun kelancaran dalam melafalkan ayat-ayat Alquran.

Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Tahfizh Alquran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:56
Last Modified: 29 Oct 2024 02:56
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item
View Item