PERANAN ORANGTUA TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTs NURUL ILMI CIBIUK KALER GARUT JAWA BARAT

MUHAMMAD HAYIZ NAHJI, NIM : 3200058 (2024) PERANAN ORANGTUA TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTs NURUL ILMI CIBIUK KALER GARUT JAWA BARAT. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PERANAN ORANGTUA TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTs NURUL ILMI CIBIUK KALER GARUT JAWA BARAT.pdf] Archive
PERANAN ORANGTUA TERHADAP KUALITAS PROSES BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS VIII MTs NURUL ILMI CIBIUK KALER GARUT JAWA BARAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Hayiz Nahji. NIM. 3200058, Peranan Orangtua Dalam Menjaga Kualitas Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ilmi Cibiuk Kaler Garut. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Pemalang (INSIP) Jawa Tengah Pemalang.

Orangtua adalah sosok yang bertanggung jawab atas Pendidikan sang anak, maka dari itu dibutuhkan peran orangtua dalam menjaga kualitas belajar sang anak di sekolah, Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Peranan Orang tua dalam menjaga kualitas belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTS Nurul Ilmi Cibiuk kaler, Garut; 2) Untuk mengetahui Kualitas proses belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTS Nurul Ilmi Cibiuk kaler, Garut.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala sekolah, staf guru pengajar, Orangtua dan siswa MTs Nurul Ilmi Cibiuk Kaler Garut yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Peranan Orangtua dalam menjaga kualitas belajar Al-Qur’an Hadist Siswa kelas VIII Nurul Ilmi Cibiuk Kaler Garut meliputi peran sebagai pemberi perhatian, pengenal faktor kesulitan belajar anak, penyedia fasilitas belajar anak, dan pengajar di rumah; 2) kualitas proses belajar Al-Qur’an Hadist siswa kelas VIII di MTS Nurul Ilmi Cibiuk kaler, Garut dapat dilihat dari sisi keterampilan pembimbing dalam mengolah pembelajaran agar tidak membuat siswa mudah bosan, hasil belajar siswa yang cenderung lebih positif, iklim pembelajaran siswa yang kondusif dan sistem pembelajaran siswa yang membantu lebih konsisten dalam menerapkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist.

Kata Kuncil : Orangtua, Kualitas Belajar, Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:46
Last Modified: 29 Oct 2024 02:46
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item
View Item