NENENG ROHAENI, NIM : 3200154 (2024) EFEKTIVITAS POLA ASUH PENGURUS ASRAMA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU TIMIYAH BOGOR. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
EFEKTIVITAS POLA ASUH PENGURUS ASRAMA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNU TIMIYAH BOGOR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Neneng Rohaeni, NIM 3200154, 2024, Efektivitas Pola Asuh Pengurus Asrama Dalam Pembentukan Kepribadian Santriwati Di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Pemalang,
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengetahui efektivitas pola asuh pengurus asrama dalam pembentukan kepribadian santriwati di pondok pesantren putri Ibnu Taimiyah Bogor. Penelitian ini diarahkan pada tiga hal pokok, yaitu 1. Mengkaji bagaimana pola asuh yang diterapkan pengurus asrama di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor 2. Mengkaji bagaimana pembentukan kepribadian santriwati di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor. 3. Mengkaji efektivitas pola asuh pengurus asrama terhadap pembentukan kepribadian santriwati Ibnu Taimiyah Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh pengurus asrama di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor, bagaimana cara membentuk kepribadian para santriwati dan bagaimana efektivitas pola asuh pengurus asrama dalam membentuk kepribadiaan santriwati yang ada di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor.
Di Pondok Pesantren Putri Ibnu Taimiyah Bogor, santriwati ditempatkan di berbagai Kamar di asrama dengan pengurus asrama (Musyrifah Khidmah) masing-masing, yang bertugas membantu pengasuh dalam mengawasi dan mendidik santriwati ketika berada dilingkungan pondok pesantren dalam berbagai aspek baik pengawasan dalam kegiatan pondok pesantren atau sekolah, kedisiplinan santriwati, akhlak santriwati dan lain-lain.
Subjek penelitian difokuskan kepada pengurus asrama yang memberi contoh dan teladan yang baik dan kepada santriwati yang menempati kamar dengan predikat terbaik dan satu kamar santriwati yang sering didapati melanggar peraturan.
Dengan hasil penelitian sebagai berikut : 1. Pola asuh menggunakan pola asuh demokratis , memberikan pengarahan, nasehat serta sanksi dan penghargaan yang sudah tertuang di buku pedoman Santriwati. 2. Pembentukan kepribadian di bentuk dengan berbagai macam peraturan, pelajaran akhlak di sekolah, kajian pekanan dan contoh teladan baik dari pengurus asrama, 3. Efektivitas Pola asuh asrama dalam pembentukan santriwati adalah secara umum terbentuknya dari diri santriwati kepribadian dan karakter yang baik.
Kata-kata kunci : Pola Asuh Pengurus Asrama, Kepribadian Santri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:50 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:53 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/86 |