FATIMAH, NIM : 3200075 (2024) ANALISIS PENGGUNAAN JURNAL PEMBELAJARAN DALAM STRATEGI MENGAJAR PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PENDIDIKAN KESETARAAN ANALISIS PENGGUNAAN JURNAL PEMBELAJARAN DALAM STRATEGI MENGAJAR PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PENDIDIKAN KESETARAAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (PKPPS) TA'ZHIM AS SUNNAH CABANG PUTRI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, UNSPECIFIED.
ANALISIS PENGGUNAAN JURNAL PEMBELAJARAN DALAM STRATEGI MENGAJAR PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DIPENDIDIKAN KESEHATAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PKPPS TAZHIM AS SUNNAH CABANG PUTRI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2024.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fatimah, 2024, Analisis Penggunaan Jurnal Pembelajaran dalam Strategi Mengajar pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ta’zhim As Sunnah Cabang Putri Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan jurnal pembelajaran dalam strategi mengajar pada guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal pembelajaran merupakan salah satu alat yang dapat membantu guru PAI dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Lokasi penelitian berada di PKPPS Ta’zhim As Sunnah Cabang Putri Pekanbaru.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menghasilkan data dalam bentuk deskriptif atau narasi dalam bentuk teks. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan berupa satu pengurus sekolah dan tiga guru PAI. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jurnal pembelajaran membantu guru PAI dalam meningkatkan efektivitas pengajaran melalui refleksi yang terstruktur dan berkesinambungan. Jurnal pembelajaran juga memfasilitasi guru PAI dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam strategi mengajar mereka, serta dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, jurnal pembelajaran berperan penting dalam mendukung pengembangan profesional guru PAI dengan menyediakan sarana untuk mendokumentasikan praktik mengajar dan pengalaman pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan jurnal pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru PAI.
Kata Kunci: Jurnal Pembelajaran, Strategi Mengajar, Guru PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:47 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:51 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/82 |