FARAH RAMAFITRI, NIM : 7200045 (2024) STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI GAMES METHOD PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) RIYADHUL JANNAH BOJONGSARI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASAARABMELALUI GAMES METHOD PADA ANAK USIA SEKOLAHDASARDIPUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) RIYADHUL JANNAH BOJONGSARI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu metode pembelajaran Bahasa Arab yang efektif untuk anak SD adalah melalui games method atau pendekatan bermain. Dalampendekatanini, pembelajaran dilakukan melalui permainan dan aktivitas yang menarik, sehinggaanak-anak tidak merasa tertekan dan lebih mudah menyerap materi, karenabermain adalah memang dunianya anak-anak.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan menggunakan keadaan sosial tertentu dengan mendeskripsikan fakta yang ada secara benar, dibantu dengan kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data relevan yang diperolehdari keadaan alamiah. Penelitian ini diharapkan menarik minat belajar Bahasa Arabpada anak SD di PKBM Riyadhul Jannah setelah diaplikasikan games method sebagai metode pembelajaran.
Hasil dari menggunakan games method berimplikasi pada meningkatnya minat belajar Bahasa arab peserta didik dan membuat peserta didik menjadi lebihaktif. Hal ini selaras dengan tujuan Pendidikan yang tertuang dalamPasal 1 Undang-Undang Sisdiknas dan Pasal 19 ayat 1 Peraturan Pemerintah tentangStandar Nasional Pendidikan.
Kesimpulannya adalah bahwa strategi meningkatkan minat belajar bahasaarab untuk anak SD sebagai berikut: 1) Bahan ajar full Arabic 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi Bahasa arab di kelas adalah metode ceramah. Pada penelitian ini games method terbukti dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Bahasa arab. Tahapan dalam metode ini, antara lain: 1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode yang akan dilaksanakan 2) Guru memberikan aturan dalambermain 3) Peserta didik memulai permainan 4) Evaluasi dilakukan selamapermainan dilakukan 5) Permainan diakhiri setelah sukses ataupun gagal.
Keyword: Strategi, Minat Belajar, Games Method
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:16 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:16 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/81 |