EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 4 GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI

AHMAD AFANDI, NIM : 3200054 (2024) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 4 GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA  DI SMK MUHAMMADIYAH 4 GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI.pdf] Archive
EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DI SMK MUHAMMADIYAH 4 GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Afandi, 2024, Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore Kabupaten Banyuwangi Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP)

Evaluasi adalah salah satu faktor terpenting untuk efektifitas pembelajaran, baik terhadap proses belajar maupun terhadap hasil pembelajaran. Begitu pula evaluasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) yang diharapkan dapat mencakup berbagai aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik) peserta didik, selalu dilihat hanya dari aspek hasil belajar, sementara implementasi program pembelajaran di kelas atau kualitas proses pembelajaran itu berlangsung jarang tersentuh kegiatan evaluasi. Oleh karena itu, evaluasi secara menyeluruh untuk proses pembelajaran PAI diperlukan agar mendapatkan hasil yang valid, reliable, dan sesuai dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Glenmore dengan Model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian evaluasi dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Sumber data Penelitian adalah Kepala Sekolah, pendidik mapel PAI dan perwakilan peserta didik. Data utama dari penelitian ini didapatkan melalui analisis deskriptif, dengan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut yang dianalisis dan disesuaikan dengan instrumen evaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan. Pada evaluasi konteks dengan penilaian dari segi aspek komponen kurikulum dan perencanaan pengelolaan program di dapatkan hasil baik dengan prosentase nilai 81,25%. Pada evaluasi input dengan penilaian dari segi aspek pengadaan, kondisi sarana prasarana dan akademik pendidik dan peserta didik di dapatkan hasil baik prosentase sebesar 75%. Pada evaluasi proses dengan penilaian dari segi aspek perangkat, proses pembelajaran dan kompetensi pendidik di dapatkan hasil baik dengan prosentase 83,33 %. Pada evaluasi produk dengan penilaian dari segi aspek pelaksanaan, hasil penilaian dan kompetensi lulusan di dapatkan hasil baik di lapangan dengan prosentase 75%. Hasil tersebut menunjukkan evaluasi proses pembelajaran PAI dengan model CIPP di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Evaluasi Proses Pembelajaran, Model Evaluasi CIPP, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:39
Last Modified: 28 Oct 2024 03:39
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item