KONSEP THOLABUL ILMI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN SEKARANG

MOH. KHOLIKUN, NIM : 3180004 (2023) KONSEP THOLABUL ILMI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN SEKARANG. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of KONSEP THOLABUL ILMI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN SEKARANG.pdf] Archive
KONSEP THOLABUL ILMI DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM KARYA BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PENDIDIKAN SEKARANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Moh. Kholikun, 2022, Konsep Tholabul Ilmi Dalam Kitab Ta‟lim Muta‟alim Karya Burhanul Islam Az-Zarnuji dan Implementasinya Dengan Pendidikan Sekarang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.

Perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju sangat mempengaruhi pola pikir manusia tidak terkecuali dalam dunia pendidikan yang sudah mulai mengalami pergeseran presepsi atau mindset masyarakat terhadap urgensi belajar, yaitu menganggap bahwa urgensi menuntut ilmu itu untuk memperoleh nilai yang baik, karena menurut sebagian orang bahwa nilai itu dianggap sebagai tolak ukur kepandaian seseorang. Selain itu dalam dunia pendidikan juga terus mengalami perubahan dari generasi ke generasi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di masyarakat. Dalam skripsi peneliti mengangkat tentang konsep tholabul ilmi dalam kitab ta‟lim muta‟alim dan relevansinya dengan pendidikan sekarang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi library research (kepustakaan) yang menghasilkan data deskriptif yang berupa tulisan atau kata-kata yang kelihatan. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kitab ta‟lim muta‟alim dengan teknik pengumpulan data penelusuran kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan conten analysis dan analisis historis.

Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tentang konsep tholabul ilmi menurut Burhanul Islam Az-Zarnuji dalam kitab ta‟lim muta‟alum, serta mengetahui relevansinya dengan pendidikan masa kini. Hasil dari penelitian ini adalah konsep tholabul ilmi yang dirumuskan
Burhanul Islam Az-Zarnuji dalam kitab ta‟lim muta‟alim sesuai dan dapat diimplementasikan dengan pendidikan sekarang/merdeka belajar seperti tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum pendidikan, dan metode pembelajaran (mudzakarah, munadhoroh, mutharohah) ini sesuai dengan proses pembelajaran masa kini di mana peserta didik diberi kebebasan dalam menyampaikan pendapat untuk pengembangan soft skill dan karakter yang baik.

Kata Kunci: Konsep Tholabul Ilmi, Ta‟lim Muta‟alim, Az-Zarnuji, Pendidikan Sekarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:36
Last Modified: 20 Jun 2023 04:36
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item