Dr. Khaerudin, S.Pd.I., M.Pd., Khaerudin (2022) Evaluasi Program Pembelajaran Pesantren. SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH PEMALANG, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH PEMALANG.
B. 6. Evaluasi Program Pembelajaran Pesantren.pdf - Other
Download (9MB)
Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bersifat nonformal harus Pmengadakan perubahan dan pembaharuan guna menghasilkan generasi-generasi yang tangguh, berpengetahuan luas dengan kekuatan jiwa pesantren dan keteguhan mengembangkan pengetahuan yang tetap bersumber pada Alquran dan Hadis. Dalam perkembangan zaman, pesantren saat ini berhadapan dengan arus globalisasi dan modernisasi yang ditandai dengan cepatnya laju informasi dan teknologi. Dalam penyelenggaraan pendidikan, pondok pesantren dapat mengembangkan dirinya sebagai tempat pembelajaran yang hanya mengembangkan kajian kitab kuning sesuai dengan kekhasannya masingmasing. Pondok pesantren dapat mengembangkan layanan pendidikan lainnya dengan membuka satuan pendidikan formal dan nonformal dalam bentuk pendidikan umum, pendidikan umum yang berciri khas Islam, pendidikan tinggi, pendidikan kesetaraan, satuan pendidikan muadalah, dan satuan pendidikan lainnya. Pondok pesantren telah banyak memiliki beragam perlengkapan fasilitas untuk membangun potensi-potensi santri, tidak hanya segi akhlak, nilai, intelektualitas, dan spiritualitas. Pondok pesantren sebagai tempat pembelajaran para santri telah banyak mengembangkan satuan pendidikan seperti satuan pendidikan pendidikan kesetaraan (muadalah), pendidikan umum, pendidikan berciri khas Islam, dan perguruan tinggi. Kebutuhan akan adanya literatur tentang evaluasi pembelajaran untuk menambah literasi terkait evaluasi yang bisa diterapkan untuk pelaksanaan evaluasi pendidikan keagamaan, mendorong penulis untuk segera membuat buku ini sebagai acuan mahasiswa, mahasantri, khususnya mereka caloncalon guru dalam memahami konsep evaluasi dan aplikasinya dalam pembelajaran. Buku ini sangat cocok dan relevan bagi para akademisi, pengajar, mahasiswa pendidikan, santri, ustadz, dan pimpinan pesantren dalam rangka mewujudkan tercapainya pembelajaran di pesantren yang dinamis dan berkemajuan. Selamat membaca …!
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program Pembelajaran Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 02:44 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:05 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/67 |