SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Srifariyati, Srifariyati SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN.

[thumbnail of 1. 2011. SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL QUR;AN.pdf] Text
1. 2011. SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL QUR;AN.pdf - Published Version

Download (891kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu factor penentu kualitas pendidikan. Bila gurunya memiliki kualitas akademik, berkompeten dan professional, maka diharapkan proses pendidikan yang berjalan dapat optimal dan menghasilkan out put lulusan yang kompetitif. Sebaliknya, bila guru tersebut tidak memenuhi kualitas akademik, tidak kompeten dan tidak professional maka keseluruhan proses pendidikan tidak akan optimal. Untuk dapat menghasilkan guru yang professional maka upaya peningkatan dan pengembangan kompetensi guru mutlak diperlukan.
Al-Qur’an secara esensial berfungsi memberi petunjuk ke jalan yang benar. Allah berfirman, Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberi petunjuk menuju jalan yang yang sebaik-baiknya (QS. Jin :1-2), yang selanjutnya dijadikan way of life bagi umat Islam yang tidak ada keraguan di dalamnya. Allah swt menugaskan Rasul saw. untuk memberikan keterangan yang lengkap mengenai petunjuk itu. Allah berfirman: Kami telah turunkan kepadamu Al-Dzikr (Al-Qur’an) untuk kamu terangkan kepada manusia apa-apa yang diturunkan kepada mereka agar mereka berpikir (QS. Al-Nahl : 44). Disamping keterangan yang diberikan oleh Rasulullah saw, Allah memerintahkan pula kepada umat manusia seluruhnya agar memperhatikan dan mempelajari Al-Qur’an : Tidaklah mereka memperhatikan isi Al-Qur’an, bahkan ataukah hati mereka tertutup (QS. Muhamad : 24)
Al-Qur’an tidak hanya sebagai petunjuk bagi suatu umat tertentu dan untuk periode waktu tertentu, melainkan menjadi petunjuk yang universal dan sepanjang masa. Al-Qur’an eksis bagi setiap zaman dan tempat. Petunjuknya sangat luas seperti luasnya umat manusia dan meliputi semua aspek kehidupan.
Al-Qur’an telah memberi isyarat bahwa permasalahan pendidikan sangat penting, jika al-Qur’an dikaji lebih mendalam maka akan ditemukan beberapa prinsip dasar pendidikan, yang selanjutnya bisa kita jadikan inspirasi untuk dikembangkan dalam rangka membangun pendidikan yang bermutu. QS. Al-‘Alaq : 1-5 adalah wahyu Allah yang pertama kepada Nabi Muhammad saw., ayat pertama adalah Iqra’ atau perintah membaca yang merupakan pintu gerbang untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Dorongan al-Qur’an terhadap dukungan berkembangnya ilmu pengetahuan dikuatkan dengan ayat-ayat yang menganjurkan untuk mempergunakan akal pikiran, serta pemberian penghargaan pada derajat yang tinggi bagi orang yang beriman dan berilmu pengetahuan (QS. al-Mujadalah :11).
Atas dasar latar belakang diatas maka penulis mencoba membahas tentang pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: srifariyati srifariyati
Date Deposited: 05 Apr 2022 23:41
Last Modified: 05 Apr 2022 23:41
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item
View Item