-, ROUDLOTUL JANAH (2017) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.
depan ok.doc
Download (579kB)
isi bab 1-5.docx
Download (159kB)
Abstract
Kewibawaan adalah suatu daya mempengaruhi yang terdapat pada seseorang, sehingga orang lain yang berhadapan dengan dia, secara sadar dan suka rela menjadi tunduk dan patuh kepadanya. Kewibawaan merupakan hal yang harus dimilki oleh seorang guru, karena tanpa kewibawaan, murid-murid hanya akan menuruti kehendak dan perintah gurunya karena takut atau karena paksaan, jadi bukan karena keinsafan atau karena kesadaran di dalam dirinya.
kedisiplinan siswa adalah suatu sikap yang menunjukkan ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan- peraturan yang berkenaan dengan tata tertib (baik peraturan yang ditentukan oleh sekolah, maupun peraturan yang ditentukan diri sendiri), yang dengan hal ini dapat menjadikan adanya perubahan pada diri siswa. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui pendidikan oleh guru salah satunya yaitu dengan memberikan contoh yang baik terhadap siswanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur : (1) kewibawaan guru PAI di SMP N 1 Petarukan, (2) kedisiplinan siswa kelas IX SMP N 1 Petarukan, (3) pengaruh kewibawaan guru PAI terhadap kedisiplinan siswa kelas IX SMP N 1 Petarukan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket yang paling utama, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode penunjang untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa : (1) kewibawaan guru PAI di SMP N 1 Petarukan termasuk dalam kategori “cukup”. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata sebesar 64 berada dalam interval 60-67, (2) Kedisiplinan siswa kelas IX di SMP N 1 Petarukan termasuk dalam kategori “cukup”. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan rata-rata 63 maka berada pada interval 59-67 terdapat pengaruh yang signifikan kewibawaan guru PAI terhadap kedisiplinan siswa kelas IX di SMP N 1 Petarukan, dan (3) Dari hasil analisis uji Freg (analisis varian garis regresi) adalah sebesar 17,112 sedangkan pada Ft pada taraf signifikansi 5% sebesar 4,14 dan taraf signifikansi 1% sebesar 7,47. Karena Freg > Ft, maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Dari hasil inilah maka hipotesis yang penulis ajukan tentang adanya pengaruh yang signifikan antara kewibawaan guru PAI dengan kedisiplan siswa diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 02:59 |
Last Modified: | 24 Jan 2021 02:59 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/55 |