PENGARUH MEDIA BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL_MIZAN KALIMAS RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

-, AMINUDIN (2017) PENGARUH MEDIA BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL_MIZAN KALIMAS RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.doc] Text
COVER SKRIPSI.doc

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.doc] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (69kB)
[thumbnail of ABSTRAK.doc] Text
ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[thumbnail of BAB I.doc] Text
BAB I.doc

Download (108kB)
[thumbnail of BAB II.doc] Text
BAB II.doc

Download (216kB)
[thumbnail of BAB III.doc] Text
BAB III.doc

Download (80kB)
[thumbnail of BAB IV.doc] Text
BAB IV.doc

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.doc] Text
BAB V.doc

Download (31kB)

Abstract

Media audio visual adalah media yang menggabungkan antara visual atau gambar dengan media audio atau suara. Contohnya seperti film, slide dengan suara, dan lain sebagainya.
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan meda cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk menyerap informasi, menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitaian kuantitatif terkait secara khas dengan proses induksi enumeratif (induksi yang ditarik atas dasar penghitungan). Salah satu tujuan utamanya adalah menemukan berapa banyak dan jenis apa saja dalam populasi umum dan populasi induk yang mempunyai karakteristik khusus yang ditemukan ada dalam populasi sampel. Tujuannya adalah menyimpulkan sistem karakteristik atau hubungan antara ubahan dengan populasi induk. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil sebagai berikut.
1. Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mizan Kalimas Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017-2018, berdasarkan hasil yang telah diuji dalam penelitian ini melalui hasil angket dimana diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,5 yang berada pada interval 58-62 sehingga dapat diketahui bahwa tingkat media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi siswa termasuk dalam kategori “Cukup Baik”. Kategori ini didasarkan pada pembagian klasifikasi kelas (interval) yang diperoleh dari data hasil angket pada variabel independen (X).
2. Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mizan Kalimas Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017-2018, berdasarkan hasil yang telah diuji dalam penelitian ini melalui hasil angket dimana diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,68 yang berada pada interval 60-64 sehingga dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dalam kategori “Baik”. Kategori ini didasarkan pada pembagian klasifikasi kelas (interval) yang diperoleh dari data hasil angket pada variabel dependen (Y).
3. Berdasarkan uji hipotesis, bahwa antara Media Pembelajaran Berbasis Video Dengan Motivasi Belajar Siswa memiliki pengaruh “Rendah” dimana rhitung< rtabel, dengan menggunakan rumus r product moment yakni rxy = 0,268 < rtabel = 0,423 pada taraf signifikan 5% dan atau rxy = 0,268 < rtabel = 0,537 pada taraf signifikan 1%, kemudian diinterpretasikan dengan Tabel Interpretasi Nilasi rxy = 0,268 berada pada rentang Nilai r = 0,200-0,400 yang termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan Media Pembelajaran Berbasis Video memiliki pengaruh yang rendah terhadap Motivasi Belajar Siswa, yang ditunjukkan dengan Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video memiliki pengaruh rendah terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar r square 0,072 atau 7,2%, dimana nilai signifikansinya sebesar 0,228 lebih besar dari taraf signifikan 0,05 maupun taraf signifikan 0,01. Jadi dalam hal ini menerima Ho dan menolak Ha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 24 Jan 2021 02:11
Last Modified: 24 Jan 2021 02:11
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item