PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI MEDIA FILM KARTUN UPIN DAN IPIN DI DESA BANYUMUDAL RT 07 RW 03 KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018

-, TATIK NOVIANI (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI MEDIA FILM KARTUN UPIN DAN IPIN DI DESA BANYUMUDAL RT 07 RW 03 KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018. Other thesis, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI).

[thumbnail of Cover, Abstrak dll.doc] Text
Cover, Abstrak dll.doc

Download (449kB)
[thumbnail of BAB I II III IV V Daftar Pustaka Lampiran.doc] Text
BAB I II III IV V Daftar Pustaka Lampiran.doc

Download (22MB)

Abstract

Tatik Noviani, 2018, Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Media Film Kartun Upin dan Ipin di Desa Banyumudal RT 07 RW 03 Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Skrpsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.

Pendidikan akhlak merupakan permasalahan yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya terhadap pembentukan perilaku. Dengan demikian nilai-nilai Pendidikan keagamaan perlu ditanamkan pada anak sedini mungkin untuk membentengi anak dari hal-hal buruk yang mungkin dapat terjadi pada mereka. Penanaman nilai-nilai Agama pada anak usia dini sangat penting dalam pembentukan Akhlak dan membentengi diri, serta mengasah moral dan spiritual anak agar lebih peka terhadap segala bentuk kebesaran Allah SWT yang ada di sekelilingnya. Nilai-nilai Pendidikan akhlak bagi anak perlu ditanamkan sejak dini dan diberikan sesuai dengan keadaan mereka. Di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali media-media yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Seperti tayangan dari media audio visual seperti film kartun Upin dan Ipin yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan.
Maka perumusan masalah adalah Bagaimana Pendidikan Akhlakul Karimah anak-anak di Desa Banyumudal RT 07 RW 03 Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang? dan bagaimana Pendidikan Akhlakul Karimah melalui Media Film Kartun Upin dan Ipin di Desa Banyumudal RT 07 RW 03 Kecamatan Moga?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang diolah dengan cara mengartikan, memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan suatu fenomena sosial, kebiasaan, perubahan serta perkembangan dari hasil pengamatan. Objek dalam penelitian ini yaitu penanaman nilai-nilai akhlak melalui media film kartun Upin dan Ipin di Desa Banyumudal RT 07 RW 03 Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang dengan subjek penelitian, yaitu: 1) Orang tua, 2) Anak-anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak melalui media film kartun Upin dan Ipin di lingkungan RT 07 RW 03 Desa Banyumudal dilatar belakangi adanya anak-anak yang masih kurang sopan dalam bertutur kata, dan kurangnya rasa kepedulian terhadap teman lainnya, 2) Penanaman nilai-nilai Pendidikan Akhlak melalui media film kartun Upin dan Ipin secara tidak langsung dapat menunjukkan perubahan akhlak anak menjadi lebih baik dari sebelumnya. Anak dapat menunjukkan rasa kepeduliannya kepada teman lainnya yang sedang dalam kesulitan maupun yang sedang terkena musibah, mereka juga lebih sopan kepada orang tuanya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara mengenai penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak melalui media film kartun Upin dan Ipin yang dilakukan oleh orang tua dan berdasarkan hasil penelitian langsung yang peneliti lakukan dengan menayangkan tayangan film kartun Upin dan Ipin dengan tema “Ikhlas Dari Hati” kepada anak-anak secara berulang-ulang, 2) Pendidikan akhlak yang ditanamkan orang tua kepada anak melalui media film kartun Upin dan Ipin ini membawa pengaruh positif terhadap perilaku anak yakni meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan sikap saling menghormati dan sikap saling membantu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 11 Jan 2021 10:08
Last Modified: 11 Jan 2021 10:08
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item