-, SITI ROHATI (2018) PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SEJARAH ISLAM KELAS V SD NEGERI BANJARAGUNG 03 KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.
COVER SKRIPSI DLL.doc
Download (176kB)
BAB I SKRIPSI.doc
Download (58kB)
BAB II SKRIPSI.doc
Download (99kB)
BAB III SKRIPSI.doc
Download (95kB)
BAB IV.doc
Download (371kB)
BAB V.doc
Download (58kB)
Abstract
Siti Rohati, 2018, Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Sejarah Islam Kelas V Sd Negeri Banjaragung 03 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.
Pendidikan Agama Islam di sekolah memiliki peranan penting dalam diri siswa. Namun, pada kenyataannya proses pembelajaran seringkali hanya sebatas transfer of knowledge bukan transfer of value. Hal itulah yang sering dilupakan oleh seorang guru, bahwa siswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan saja tapi lebih dari itu yakni nilai dari apa yang dipelajarinya tersebut. Namun, pembelajaran PAI dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode ceramah, serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang variatif sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pula terhadap motivasi belajar siswa. Penggunaan media video diharapkan dapat dijadikan alternatif bagi seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI khususnya sejarah Islam. Dengan media video tersebut diharapkan pula dapat memberikan pemahaman bagi siswa akan tujuan dari materi yang diajarkan, dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan tentunya pula dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi sejarah Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media video terhadap motivasi belajar siswa pada materi sejarah Islam.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk penelitian eksperimen, dengan desain penelitian pre experimental design dengan bentuk Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V B berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Pengujian Hipotesis Menggunakan Rumus Uji T Untuk Sampel Berpasangan.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji T untuk sampel berpasangan menunjukkan bahwa –thitung < -ttabel (-3,923 < -2,093) dan signifikansinya 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi belajar siswa pada materi sejarah Islam. Hal itu juga dibuktikan dari adanya peningkatan presentase motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media video sebesar 10% dengan presentase sebelum menggunakan media video sebesar 60% dan sesudah menggunakan media video sebesar 70%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 09:42 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 09:42 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/35 |