-, APRILESA SUWANDI ISTIQOMAH (2018) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) HARAPAN IBU KELURAHAN MULYOHARJO KAB. PEMALANG TAHUN 2018. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.
COVER APRILESA.docx
Download (28kB)
DAFTAR ISI skripsi.docx
Download (19kB)
ABSTRAK.doc
Download (67kB)
BAB 1 SKRIPSI.docx
Download (31kB)
BAB II SKRIPSI.docx
Download (58kB)
BAB III SKRIPSI.docx
Download (39kB)
BAB IV Aprilesa.docx
Download (43kB)
BAB V SKRIPSI.doc
Download (41kB)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Download (22kB)
Abstract
Aprilesa Suwandi Istiqomah, 2018, Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Harapan Ibu Kelurahan Mulyoharjo Kab. Pemalang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang.
Kecerdasan emosional adalah kemampuan emosi yang sangat tinggi atau cerdas sehingga orang mampu berbuat sesuatu yang tepat dan berhasil bahkan dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang terjadi sekarang dan masa mendatang, dalam perkembangan emosional anak usia dini merupakan fase yang sangat penting bagi pertumbuhan kecerdasan emosionalnya yang akan berpengaruh pada perilakunya saat ia menginjak dewasa nanti sehingga perlu adanya bimbingan dari orang-orang terdekatnya terutama orang tua dan guru di tempat ia menempuh pendidikan pertamanya.
Pada penelitian ini dirumuskan masalah dan berujuan untuk mengetahui (1) Perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini (2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosinal anak usia dini di di Kelompok Bermain (KB) Harapan Ibu Mulyoharjo Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangnan. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, anak didik dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk menganalisa data menggunakn pendekatan deskriptif kualitatif.hasil dari penelitian ini adalah untuk:
menumbuhkan kemampuan mengenali emosi diri pada peserta didik adalah mengajarkan anak untuk mengungkapkan tindakan ketika marah, sedih, kecewa,dan senang; 2) menumbuhkan kemampuan mengelola emosi adalah denganmemberikan penanaman akhlak melalui kegiatan di shalat berjama’ah, danberjabattangan dengan guru sebelum masuk kelas setiap pagi; 3) menumbuhkan kemampuan mengenali emosi orang lain (empati) adalah dengan mengajak siswa ikut dalam kegiatan menyantuni anak yatim, dan menjenguk teman yang sakit; 4) menumbuhkan kemampuan memotivasi diri adalah dengan selalu memberikan, memotivasi peserta didik melalui pemberian nilai pada tugas dan pujian ketika siswa mamapu menyelesaikan tugas dengan baik; 5) menumbuhkan membina hubungan sosial adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri anak dengan sering meminta siswa untuk tampil kedepan kelas, dan menanamkan sikap solidaritas dan saling menolong sesama teman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 06:10 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 06:10 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/20 |