EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AL-ARABIYYAH BAINA YADAIK 1 MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 PONDOK PESANTREN BAROKAH ILMU BEKASI

WAHYU KARNIAWATI, NIM : 7200064 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AL-ARABIYYAH BAINA YADAIK 1 MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 PONDOK PESANTREN BAROKAH ILMU BEKASI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Buku Al Arabiyyah Baina Yadaik 1 Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Kelas 7 Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi.pdf] Archive
Efektivitas Penggunaan Buku Al Arabiyyah Baina Yadaik 1 Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Siswi Kelas 7 Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyu Karniawati, 2024, Penggunaan Buku Al Arabiyyah Baina Yadaik 1 Sebagai Media Pembelajaran Siswi Kelas 7 Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Pemalang Pendidikan bahasa Arab di Indonesia sudah diajarkan mulai dari TK (sebagian) hingga perguruan tinggi. Termasuk diantaranya adalah Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi yang memiliki target agar siswa/siswinya mahir dalam berbahasa Arab. Untuk mencapai target ini, Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi menggunakan buku Al Arabiyyah Baina Yadaik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan efektivitas penggunaan buku Al Arabiyyah Baina Yadaik 1 sebagai media pembelajaran siswi kelas 7 Pondok Pesantren Barokah Ilmu Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan buku ini efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa. Efektivitas ini dilihat dari aspek pengajar, siswi dan nilai akhir hasil belajar. Dari aspek pengajar mengakui akan keefektifan penggunaan buku ini dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab siswi. Dari aspek siswi kelas 7 juga mengakui bahwa penggunaan buku ini mudah dan setelah mempelajari buku ini mereka merasakan peningkatan kemampuan mereka dalam berbahasa Arab. Adapun dari aspek nilai akhir hasil belajar, efektivitas penggunaan buku ini terbukti dari hasil nilai rata-rata kelas yang masuk ke dalam kategori sangat efektif dengan perolehan nilai 88. Penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi yaitu penelitian tentang efektivitas penggunaan buku Al Arabiyyah Baina Yadaik sebagai media pembelajaran dengan jumlah sampel yang lebih banyak. Selain itu penelitian yang lebih spesifik tentang efektivitas penggunaan buku Al Arabiyyah Baina Yadaik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan mendengar (mahārah al-istima’), keterampilan berbicara (mahārah al-kalām), keterampilan membaca (mahārah al-qirā’ah), atau keterampilan menulis (mahārah al-kitābah).

Kata kunci : penggunaan al arabiyyah baina yadaik, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 07:19
Last Modified: 01 Nov 2024 07:19
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item