ZULFA AULIA, NIM : 3200147 (2024) OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MAPEL PAI KELAS X DI MA AL-MADINAH PUTRI BOYOLALI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA MAPEL PAI KELAS X DI MA PUTRI AL- MADINAH PUTRI BOYOLALI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Zulfa Aulia, NIM: 3200147, Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pada Mapel PAI Kelas X di MA Al-Madinah Putri. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam (INSIP) Pemalang.
Teknologi telah mengubah cara siswa belajar, membuat proses pendidikan menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Jika sebelumnya kurikulum di sekolah mungkin tidak memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi bakat alami, sekarang siswa dapat menyalurkannya dengan bantuan teknologi. Kemudian, dengan belajar menggunakan teknologi pendidikan yang modern misal dengan menggunakan PPT atau video pembelajaran, santriwati di Pondok Pesantren terlihat lebih semangat dan antusias dalam belajar, karena dengan seperti itu ada sisi menghibur untuk siswa di Pondok Pesantren.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka pertanyaan penelitian ini yaitu “Bagaimana tingkat optimalisasi teknologi dalam proses pembelajaran di kelas X MA Al-Madinah Putri dan apa hambatan utama yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran di kelas X MA Al-Madinah Putri serta apa dampak optimalisasi teknologi yang telah dilakukan terhadap kualitas pembelajaran dan prestasi siswa kelas X MA Al-Madinah Putri ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat kualitatif yang dilaksanakan di kelas X MA Al-Madinah Putri, sedangkan metode pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian sumber data yang di gunakan yaitu sumber data premier dan sumber data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas X MA Al-Madinah Putri di Kabupaten Boyolali dapat disimpulkan bahwa kelas X Al-Madinah Putri memiliki beberapa optimalisasi dalam penggunaan teknologi pendidikan pada mata pelajaran pendidikan agama islam diantaranya penggunaan media pembelajaran, game edukatif pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan pemanfaatan media sosial untuk menonton video dakwah berfaedah. Adapun faktor positif dari penggunaan teknologi pendidikan pada pembelajaran pendidikan agama islam yaitu memperluas wawasan guru dan murid serta membuat siswa tidak merasa jenuh dengan materi yang disampaikan. Sedangkan hambatannya adalah fasilitas yang kurang memadai serta beberapa guru yang masih enggan untuk berinovasi menggunakan teknologi pendidikan dalam hal belajar dan mengajar.
Kata kunci : teknologi pendidikan, pondok pesantren, pendidikan agama islam, integrasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 06:49 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 06:49 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/136 |