KHUSWATUN KHASANAH, NIM : 5200030 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA IQRO PADA PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR DI TPA AN-NUR DESA MARGA MULYA KEC. SINAR PENINJAUAN KAB. OKU SUMATERA SELATAN. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA IQRO PADA PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH DASAR DI TPA AN-NUR DESA MARGA MULYA KEC. SINAR PENINJAUAN KAB. OKU SUMATERA SELATAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Khuswatun hasanah, 2024, Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Iqro Pada Peserta Didik Usia Sekolah Dasar Di TPA An-nur Desa Marga Mulya, Kec. Sinar Peninjauan, Skripsi Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP)
Al-Qur'an merupakan sumber hukum utama dalam Islam, berfungsi sebagai landasan dan pedoman bagi umat muslim. Setiap muslim diwajibkan untuk mempelajari, memahami, dan membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur'an yang banyak digunakan adalah metode Iqro', yang dipelopori oleh KH. As’ad Humam, menekankan pada latihan membaca secara langsung. Namun, masih banyak anak-anak muslim yang belum memiliki kemampuan membaca Iqro' dengan baik. Orang tua dapat mendukung kemampuan membaca anak melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA), yang merupakan lembaga pendidikan nonformal yang fokus pada pembelajaran Al-Qur'an dan Iqro'.
Penelitian ini mengkaji peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro' pada siswa usia sekolah dasar di TPA An-nur, Desa Marga Mulya, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU, serta hambatan yang dihadapi oleh guru untuk meningkatkan kemampuan baca iqro’ pada siswa usia sekolah dasar. Metodelogi yang digunakan untuk penelitian ini adalah metedologi kualitatif, Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui wawancara pada narasumber, menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro' anak usia sekolah dasar, namun peran orang tua juga krusial dalam memberikan dorongan dan dukungan kepada anak. Hambatan yang dihadapi narasumber untuk meningkatkan kemampuan baca iqro pada anak usia sekolah dasar antara lain meliputi kurangnya semangat anak dalam belajar, kebosanan, perilaku negatif yang ditiru dari teman, rendahnya tingkat kehadiran, dan perbedaan tingkat kecerdasan anak. Kolaborasi antara orang tua dan guru diperlukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dan meningkatkan kemampuan membaca Iqro' anak.
Kata Kunci: Iqra’, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Peran Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:24 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/135 |