IMPLEMENTASI METODE TAHSIN TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI AKHWAT MA’HAD AL-QUR’AN WAL LUGHAH BOGOR

TIA MELIYANTI, NIM : 3200106 (2024) IMPLEMENTASI METODE TAHSIN TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI AKHWAT MA’HAD AL-QUR’AN WAL LUGHAH BOGOR. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE TAHSIN TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI AKHWAT MA’HAD AL-QUR’AN WAL LUGHAH BOGOR.pdf] Archive
IMPLEMENTASI METODE TAHSIN TILAWAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI AKHWAT MA’HAD AL-QUR’AN WAL LUGHAH BOGOR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tia Meliyanti, 2024, Implementasi Metode Tahsin Tilawah Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Dan Hafalan Al-Qur’an Santri Akhwat Ma’had Al-Qur’an Wal Lughah Bogor, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan Metode Tahsin Tilawah dalam meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan AlQur’an santri akhwat di Ma’had Al-Qur’an Wal Lughah Bogor, diantaranya yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research), yang dilakukan secara langsung dalam menemukan masalah/fenomena yang terjadi dan memperoleh data secara luas. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Milles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Tahsin Tilawah dalam meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan Al-Qur’an santri akhwat di Ma’had Al-Qur’an Wal Lughah Bogor memiliki pengaruh signifikan setelah menerapkan Metode Tahsin Tilawah. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan metode ini adalah kompetensi pengajar tahsin tilawah. Sehingga santri dapat mencontoh dan dikoreksi langsung oleh pengampu. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik, khususnya di Lembaga Pendidikan Islam untuk mengimplementasikan Metode Tahsin Tilawah sebagai sarana yang efektif dalam memperbaiki kualitas bacaan serta hafalan Al-Qur’an santri.

Kata Kunci : Tahsin Tilawah, Kualitas Bacaan, Hafalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:31
Last Modified: 01 Nov 2024 03:31
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item
View Item