PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR'AN PADA ANAK (STUDI KASUS SMP IMAM NAWAWI SCHOOL)

NAFISAH BASALAMAH, NIM : 3200155 (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR'AN PADA ANAK (STUDI KASUS SMP IMAM NAWAWI SCHOOL). Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR'AN PADA ANAK (STUDI KASUS SMP IMAM NAWAWI SCHOOL).pdf] Archive
PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR'AN PADA ANAK (STUDI KASUS SMP IMAM NAWAWI SCHOOL).pdf

Download (1MB)

Abstract

Nafisah Basalamah, 2024, Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Al-Qur’an Pada Anak (Studi Kasus SMP Imam Nawawi School) Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).

Tujuan penelitian ini adalah untuk deskripsikan peran guru dan orang tua dalam memotivasi belajar Al-Qu’an pada anak di SMP Imam Nawawi School Ciomas, serta hambatan dalam menumbuhkan motivasi tersebut. Salah satu bentuk perhatian guru dan orang tua dalam pendidikan agama anak adalah dengan mengajarinya membaca Al-Qur’an atau yang lebih kita kenal dengan istilah mengaji. Karna membaca Al-Qur’an sangat berhubungan erat dengan peribadahan seorang hamba. Seperti shalat, doa sehari-hari, dan lain-lain. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskripstip dengan jenis penelitian field reseatch yakni peneliti datang secara langsung ke SMP Imam Nawawi School Ciomas. Melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) peran guru dalam memotivasi belajar Al-Qur’an pada anak SMP Imam Nawawi School Ciomas meliputi guru menjadi motivator dengan memberikan nasihat, hadiah, pujian, dan permainan, guru sebagai demonstrator yang baik, guru sebagai model dan teladan yang selalu memberi contoh yang baik, guru melakukan pengelolaan kelas. 2) peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar Al-Qur’an pada anak di SMP Imam Nawawi School Ciomas meliputi menjadi teladan yang baik, sebagai motivator. Hambatan dalam memotivasi belajar Al-Qur’an pada anak SMP Imam Nawawi School Ciomas terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kemampuan masing-masing individu yang berbeda, kurangnya kesadaran diri. Sedangkan faktor eksternal adalah gadget dan ajakan main dari teman.

Kata kunci: Peran Guru, Peran Orang Tua, Motivasi, Belajar Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:25
Last Modified: 01 Nov 2024 03:25
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item