IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ADZKIA 4

ANIS MUSLIMATUL FALAH, NIM : 7200042 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ADZKIA 4. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ADZKIA 4.pdf] Archive
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ADZKIA 4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anis Muslimatul Falah, 2024 Implementasi Pembelajaran Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas 4 Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Adzkia 4. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).

Implementasi Pembelajaran kosa kata Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Adzkia 4 adalah sebuah studi yang bertujuan untuk mengevaluasi dan mengimplementasikan proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab di lembaga tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsung dan wawancara terhadap pendidik dan peserta didik di SDIT Adzkia 4. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran kosakata Bahasa Arab telah diimplementasikan secara terencana, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, termasuk kurangnya waktu pembelajaran yang memadai dan kurangnya sumber daya yang memadai. Temuan ini menunjukkan perlunya penyesuaian strategi pembelajaran dan peningkatan dukungan terhadap guru dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran kosakata Bahasa Arab di kelas 4 SDIT Adzkia 4. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran kosakata Bahasa Arab di kelas IV SDIT Adzkia 4 belum optimal, Metode tradisional yang dominan digunakan kurang efektif dalam memotivasi dan melibatkan peserta didik, sementara metode interaktif seperti "Make a Match" lebih efektif namun terbatas oleh kendala waktu dan kurangnya media pembelajaran. Faktor pendukung termasuk lingkungan belajar yang kondusif, sementara hambatan utama adalah keterbatasan waktu, kompetensi guru, dan metode pengajaran yang kurang menarik.Untuk meningkatkan keefektivitas, sangat penting untuk memberikan bimbingan, dorongan, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan menggunakan Metode Penelitian Kualitatif, penelitian ini memberikan wawasan tentang masalah yang dihadapi selama pembelajaran kosakata Bahasa Arab di kelas 4 di SDIT Adzkia 4, serta rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Implementasi pembelajaran, kosakata Bahasa Arab, kelas 4 SDIT adzkia 4

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:19
Last Modified: 01 Nov 2024 03:19
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item