UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI THAHARAH MELALUI METODE CARD SORT BAGI SISWA KELAS I SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BELIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

-, MURTIMAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI THAHARAH MELALUI METODE CARD SORT BAGI SISWA KELAS I SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BELIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) PEMALANG.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.pdf] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Murtimah, 2014, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Thaharah Melalui Metode Card Sort Bagi Siswa Kelas I Semester 2 Sekolah Dasar Negeri 01 Belik Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang, Pembimbing: I. Drs. H. Jasuri Shofi, M.S.I, II. Aida Yunirahmawati, S. P. Si

Kata Kunci: Metode card sort, Thaharah

Pengamatan awal terhadap pelaksanaan dan hasil pembelajaran PAI di SDN 01 Belik, ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya: pertama, pembelajaran selama ini masih cenderung monoton dan belum divariasikan dengan metode lain yang lebih variatif, misalnya yang memperhatikan perbedaan individual peserta didik. Hal ini menyebabkan aktivitas peserta didik rendah atau pasif, yaitu prosentase aktivitas peserta didik secara klasikal hanya 45%. Kedua, prestasi belajar masih rendah, hal ini dibuktikan dari hasil ulangan semester ganjil yang berjumlah 54 peserta didik, sebanyak 27 atau sekitar 50% belum berhasil mendapatkan nilai 65 sebagai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang ditetapkan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa di akhir siklus dan data observasi keaktifan guru. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode card sort. Melalui metode card sort tersebut diharapkan hasil belajar PAI peserta didik dapat meningkat khususnya pada materi thaharah. Perbaikan pembelajaran dengan metode card sort terbukti mampu meningkatkan hasil belajar materi thaharah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata adalah 72 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 72,2%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 82 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 83,3%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode card sort mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar materi thaharah kelas I SDN 01 Belik Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:29
Last Modified: 08 Jan 2021 01:29
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item
View Item