PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI (PROYEKTOR) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 MOGOLAING KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT KOTA KOTAMOBAGU

MOHAMMAD FACHRI RAWULI LIMBALO, NIM : 3200064 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI (PROYEKTOR) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 MOGOLAING KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT KOTA KOTAMOBAGU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI (PROYEKTOR) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 MOGOLAING KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT KOTA KOTAMOBAGU.pdf] Archive
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI (PROYEKTOR) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 2 MOGOLAING KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT KOTA KOTAMOBAGU.pdf

Download (898kB)

Abstract

Mohammad Fachri Rawuli Limbalo, 2024, Pengaruh Penggunaan Teknologi (Proyektor) dalam Pembelajaran Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 2 Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (INSIP) Pemalang

Adapun masalah yang penulis temukan melalui penggunaan teknologi (Proyektor) pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SDN 2 Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobag, diperoleh data yang menunjukkan penggunaan media pembelajarannya cukup baik dan motivasi belajar siswa juga tergolong cukup baik. rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan teknologi (Proyektor) pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan teknologi (Proyektor) pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil analisa data penulis menggunakan rumus chi kuadrat. Hasil analisis tersebut penggunaan teknologi (Proyektor) pembelajaran bahwa 68 responden yang menjadi subjek penelitian 5 responden (29%) menjawab penggunaan teknologi pembelajaran pada kategori kurang, 7 responden (42%) menjawab penggunaan teknologi pembelajaran pada kategori cukup, dan 5 responden (29%) menjawab penggunaan teknologi (Proyektor) pembelajaran pada kategori tinggi. Kemudian, berdasarkan hasil penarikan angket tentang motivasi belajar dapat diketahui bahwa 17 responden yang menjadi subjek penelitian 11 responden (65%) memiliki motivasi yang kurang, 0 responden (0%) memiliki motivasi yang cukup, dan 6 responden (35%) memiliki motivasi yang baik. Kemudian, penulis menguji hipotesis dengan menggunakan rumus ChiKuadrat (X2 ) dengan menginterpretasikan hasil Chi Kuadrat hitung (x2 ) dengan Chi Kuadrat tabel (x2 ). Diperoleh harga Chi Kuadrat hitung (X2 ) yaitu 1,507 lebih kecil dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488, dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% karenanya Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Teknologi Pembelajaran, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:04
Last Modified: 01 Nov 2024 03:11
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item
View Item