PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH JAMBI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

EKA MARINA SAPUTRI, NIM : 7200028 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH JAMBI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH JAMBI TAHUN PELAJARAN 2025.pdf] Archive
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH JAMBI TAHUN PELAJARAN 2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan bahasa yang sangat penting dipelajari karna ia merupakan bagian dari islam. Dengan memahami bahasa arab maka seseorang akan lebih mudah dalam memahami agamanya. Diantaranya adalah memahami Al Quran yang merupakan Kalamullah yang menjadi pedoman bagi umat islam. Mengingat pentingnya pemahaman bahasa arab maka hendaknya setiap orang bersemangat untuk mempelajarinya. Berdasarkan studi pendahuluan kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab kurang diminati oleh siswa. Bahasa arab dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, guru sebagai seorang pendidik hendaknya lebih kreatif atau bisa menciptakan suasana yang baru dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada mata pelajaran bahasa arab di kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah Jambi tahun pelajaran 2024/2025 dan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berbentuk tulisan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match pada pelajaran bahasa arab di kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah meliputi langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Langkah perencanaan dilakukan dengan sebelum pelajaran dimulai yaitu menyiapkan modul ajar, materi dan media kartu. Langkah pelaksanaannya adalah menyiapkan kartu, membagikan masing-masing siswa satu kartu, menemukan pasangan dan diakhiri dengan klarifikasi dan kesimpulan. Evaluasi pembelajaran yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama dan membuat kelas menjadi gaduh. Dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match adalah motivasi belajar yang tinggi yaitu siswa merasa senang dalam pembelajaran, tertarik, antusias, lebih semangat, terlibat aktif serta kerjasama dan kekompakan dalam kelompok. Dan hasil belajar yang baik dilihat dari nilai semua siswa yang bagus.

Kata Kunci: Index Card Match, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:03
Last Modified: 01 Nov 2024 03:03
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item