RADEN GUSTI, NIM : 3200150 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN KELAS 7 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT-TAQWA GARUDA TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PERAN GURU PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN KELAS 7 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT-TAQWA GARUDA TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG
Download (1MB)
Abstract
Raden Gusti, 2024, Peran Guru Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an kelas 7 SMPIT At-Taqwa Garuda Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (INSIP) Pemalang.
Peran guru pendidikan Al-Qur’a memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an. Peran yang harus dimiliki oleh guru pendidikan Al-Qur’an mulai dari kompetensi dan metode-metode pembelajaran yang digunakan. Sedangkan peran guru dalam memecahkan permasalahan prestasi belajar peserta didik diantarannya masih rendahnya kemampuan dasar membaca Al-Qur'an, kurangnya motivasi dan minat peserta didik dalam mempelajari AlQur'an, serta latar belakang ekonomi dan budaya peserta didik yang beragam. Tulisan ini mengangkat tentang peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Al-Qur’an kelas 7 SMPIT At-Taqwa Garuda Teluk Naga Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 7 SMPIT At-Taqwa Garuda Teluk Naga Kabupaten Tangerang yang berjumlah 31 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan Al-Qur'an dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilakukan melalui beberapa upaya, yaitu: penerapan metode pembelajaran yang variatif seperti metode At-Tahsin, talaqqi dan klasikal, penggunaan media pembelajaran yang menarik yaitu alat peraga At-Tahsin, serta pemberian motivasi seperti kisah sahabat, ulama dan orang-orang shaleh yang senantiasa belajar dan menghapal AlQur’an. Memberikan bimbingan intensif kepada peserta didik berupa pembagian kelompok sesuai kemampuan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan terkait peran guru pendidikan Al-Qur'an dan strategi peningkatan prestasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi, Prestasi Belajar, Pendidikan Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:56 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:56 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/127 |