PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGUATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN AL MADINAH KOTA PONTIANAK

IZMAIL, NIM : 3200115 (2024) PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGUATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN AL MADINAH KOTA PONTIANAK. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGUATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN AL MADINAH KOTA PONTIANAK.pdf] Archive
PENERAPAN METODE MURAJA’AH DALAM MENGUATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN AL MADINAH KOTA PONTIANAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Izmail NIM. 3200115 “Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Tahfidzul Qur’an Al Madinah Kota Pontianak”.

Menghafal Al-Qur’an adalah salah atu perbuatan yang sangat mulia di sisi Allah Swt. Selain santri bisa menambah hafalan baru juga harus di sertai dengan Muraja’ah atau menguatkan hafalan santri di Pondok Tahfidz Qur’an Al Madinah Pontianak, penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pelaksanaan metode Muraja’ah, Menguatkan Hafalan santri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) pelaksanaan penerapan metode Muraja’ah di Pondok Tahfidzul Qur’an Al Madinah Kota Pontianak. Meliputi 3 tahapan yaitu pelaksanaan metode muraja’ah dibagi menjadi a. persiapan, b. pengesahan, c. Pengulangan dibagi lagi menjadi 2 tahapan a) muraja’ah di hadapan ustadz halaqoh, b) muraja’ah di hadapan seluruh santri dengan mengevaluasi setiap hafalan 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Metode muraja’ah Pondok Tahfidzul Qur’an Al Madinah Kota Pontianak dinilai sudah efektif sesuai dengan tujuan hafalan Al-Qur’an yaitu penghafal Al-Qur’an mampu disima’ hafalannya secara keseluruhan, 2) dengan metode muraja’ah menguasai materi dengan perhatian penuh ketika sedang melakukan kegiatan muraja’ah 3) faktor pendukung yaitu kedisiplinan dan motivasi dari orang0orang terdekat santri, ada kegiatan muraja’ah terkontrol dan banyaknya muraja’ah dan adanya apresiasi pengasuh untuk santri yang berprestasi.. Faktor penghambat yaitu ayat yang sudah pernah dihafal menjadi lupa kembali, munculnya rasa malas, dan rasa capek dikarenakan banyaknya tugas dan kegiatan pondok.

Kata kunci : Metode Muraja’ah, Menguatkan Hafalan , Faktor Pendukung dan Penghambat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:06
Last Modified: 01 Nov 2024 02:06
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item