EVA INAS FIANSARI, nim : 7200036 PEMBELAJARAN DAN PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI SMP IT IMAM BUKHARI DOMPU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PEMBELAJARAN DAN PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB DI SMP IT IMAM BUKHARI DOMPU.pdf
Download (1MB)
Abstract
Eva Inas Fiansari, 2024, Pembelajaran dan Problematika Lingkungan Berbahasa Arab di SMP IT Imam Bukhari Dompu, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Instutit Agama Islam Pemalang (INSIP)
Latar belakang masalah penelitian saya adalah kurangnya guru yang berkompeten pada Bahasa Arab dan kurangnya sumber daya untuk menunjang proses pembelajaran di kelas, Namun yang paling menonjol adalah motifasi dan minat belajar siswa yang lebih condong ke Bahasa Inggris daripada Bahasa Arab disebabkan oleh siswa dan orang tua wali murid beranggapan bahwa Bahasa Inggris lebih popular. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Imam Bukhari Dompu, 2. Untuk mengetahui problematika menciptakan lingkungan Berbahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Imam Bukhari Dompu, 3. Untuk mengetahui solusi alternatif yang dilakukan guru Bahasa Arab dalam mengatasi problematika pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Imam Bukhari Dompu. Dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian langsung, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Imam Bukhari Dompu dilakukan di kelas dengan jadwal yang berbeda setiap kelasnya bersama guru Bahasa Arab yang tidak semua guru menjelaskan dengan Berbahasa Arab secara sempurna ketika mengajar. Dan yang menjadi problematika lingkungan Berbahasa Arab adalah tidak adanya peraturan yang mengikat siswa fullday untuk berbicara Berbahasa Arab di lingkungan sekolah, kurangnya motifasi Berbahasa Arab karena tidak dijadikan persyaratan dalam mendaftar ke perguruan tinggi, tidak adanya asrama khusus peminat bahasa, kurangnya pengajar yang berkompeten dalam bidang bahasa, tidak adanya aturan tertulis yang berisi kosekuensi pelanggar bahasa dan kurangnya pengawasan. Dan yang menjadi solusi alternatif yang dilakukan guru Bahasa Arab dalam mengatasi problematika lingkungan Berbahasa Arab adalah dengan menerapkan kegiatan mufrodat, hiwar, Q&A dan Imam Bukhari Festival (Ibest).
Kata Kunci : Problematika, Lingkungan, Berbahasa, Arab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 04:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 04:21 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/122 |