PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS III SD ISLAM IMAM SYAFI’I BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024

DEVITA ARIANTO, NIM : 7200031 PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS III SD ISLAM IMAM SYAFI’I BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS III SD ISLAM IMAM SYAFI’I BALIKPAPAN TAHUN AJARAN  2024.pdf] Archive
PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS III SD ISLAM IMAM SYAFI’I BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada banyaknya peserta didik yang tidak memahami kaidah dasar pembelajaran bahasa Arab, baik itu disebabkan karena peserta didik yang tidak bersemangat ketika mengikuti pembelajaran, ataupun bahkan karena metode pembelajaran yang dibawakan guru yang membosankan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode index card match terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III SD Islam Imam Syafi’i. Dan juga untuk mengetahui implikasi pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan kosakata dengan menggunakan index card match.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi, dan peserta didik kelas III.

Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data dari lapangan adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan atau kesimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode index card match terbilang sukses. Hal ini terbukti dengan hasil refleksi pelaksanaan metode index card match terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada peserta didik kelas III SD Islam Imam Syafi'i memperoleh nilai anak-anak dengan KKM 70. Namun sejumlah 5 siswa atau 18,5% yang belum memenuhi nilai KKM. Tetapi tak sedikit juga siswa yang nilainya sudah memenuhi KKM sejumlah 22 siswa atau 81,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode index card match yang diterapkan pada mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan keefektifan dan hasil belajar peserta didik siswa kelas III SD Islam Imam Syafi’i Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords: Index Card Match, Pembelajaran, Bahasa Arab, Kosakata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:45
Last Modified: 31 Oct 2024 03:45
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item