PENGARUH PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR TAHSIN AL-QUR’AN KELAS 5A SDIT AR RAHMAH JAKARTA

HERMANTO, NIM : 3200143 (2024) PENGARUH PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR TAHSIN AL-QUR’AN KELAS 5A SDIT AR RAHMAH JAKARTA. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENGARUH PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR TAHSIN AL-QUR’AN KELAS 5A SDIT AR RAHMAH JAKARTA.pdf] Archive
PENGARUH PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR TAHSIN AL-QUR’AN KELAS 5A SDIT AR RAHMAH JAKARTA.pdf

Download (849kB)

Abstract

Hermanto, 2024, Pengaruh Perilaku Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Tahsin Al Qu’ran Kelas 5A SDIT Ar Rahmah Jakarta. Skripsi, Program Studi Al-Qur’an (AL-QUR’AN) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).

Pendidikan agama Islam, khususnya tahsin Al-Qur'an, merupakan komponen krusial dalam pendidikan dasar di SDIT Ar Rahmah Jakarta. Proses tahsin dimulai dari pengajaran membaca Al-Qur'an dengan benar dan berlanjut pada pemahaman serta pengamalan sesuai dengan ajaran sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم .Namun, seringkali ada tantangan dalam mencapai hasil belajar optimal, terutama terkait dengan perilaku belajar peserta didik.

Observasi menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas 5A belum mencapai target tahsin yang diharapkan, dengan beberapa masih berada pada tingkat Ummi Jilid dan memiliki nilai di bawah KKM 70. Perilaku belajar yang kurang aktif, seperti sering mengobrol dan bercanda, berkontribusi pada hasil belajar yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perilaku belajar peserta didik terhadap hasil belajar tahsin Al-Qur'an di kelas 5A SDIT Ar Rahmah Jakarta. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk analisis data secara statistik dengan pendekatan korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara perilaku belajar dan hasil belajar tahsin Al-Qur'an. Uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 0,650, yang lebih kecil dari t tabel 1,717, dengan nilai signifikansi (p-value) 0,523. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,137 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,019 menunjukkan bahwa pengaruh perilaku belajar hanya 1,9% terhadap hasil belajar tahsin, sementara 98,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini juga menghadapi keterbatasan seperti sampel terbatas dan variabel yang tidak terukur, yang dapat mempengaruhi temuan. Temuan ini penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil tahsin Al-Qur'an.

Kata Kunci: Perilaku Peserta Didik, Hasil Belajar Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:57
Last Modified: 31 Oct 2024 02:57
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item