RIZQI GILANG CAHYADI, NIM : 3200059 (2024) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN SIFAT JUJUR PESERTA DIDIK KELAS II SMP DI MA'HAD TAHFIDZ YAYASAN USWAH HASANAH CILEDUG TANGGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN SIFAT JUJUR PESERTA DIDIK KELAS II SMP DI MA'HAD TAHFIDZ YAYASAN USWAH HASANAH CILEDUG TANGGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 22024.pdf
Download (1MB)
Abstract
PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN SIFAT JUJUR PESERTA DIDIK KELAS II SMP DI MA’HAD TAHFIDZ YAYASAN USWAH HASANAH – CILEDUG TANGERANG SELATAN
Al-Qur’an merupakan sumber ajaran yang mengandung nilai-nilai agung yang mengatur ibadah dan interaksi umat islam dengan makhluk hidup lainnya. Dalam pendidikan agama tentunya juga mengajarkan kehidupan yang sesuai dengan Al - Qu’ran. Tujuan dari adanya pendidikan agama sendiri yaitu menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, serta menumbuhkan kejujuran, keadilan, keikhlasan serta karakter mulia dalam diri peserta didik. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk mencapai tujuan tersebut, dengan mewujudkan pendidikan karakter Hal tersebut dapat tercapai melalui adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang diterapkan di Ma’had Tahfidz Yayasan Uswah Hasanah terbilang belum cukup efektif, khususnya dalam penanaman karakter jujur pada peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi penanaman karakter jujur pada siswa kelas II SMP di Ma’had Tahfidz Yayasan Uswah Hasanah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan karakter jujur tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa SMP Kelas II yang berjumlah 20. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui observasi dan wawancara yang dilakukan kepada ustadz, musyrif dan santri di Ma’had Tahfidz Yayasan Uswah Hasanah. Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter peserta didik/santri di Ma’had Tahfidz Yayasan Uswah Hasanah dilakukan dengan menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik/santri sehingga peserta didik/santri memahami dan menerapkan pendidikan karakter di kehidupan sehari-hari baik dilingkungan pondok maupun di masyarakat.
Kata kunci: Pendidikan Agama, Al-Qur’an, Karakter, Sifat Jujur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:41 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/117 |