QOIDAH AMINAH, NIM : 7200047 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEAM GAME TOURNAMENT PADA ASPEK MAHARAH QIROA’H DI KELAS 6 SD ISLAM FAZA PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEAM GAME TOURNAMENT PADA ASPEK MAHARAH QIROA’H DI KELAS 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Qoidah Aminah, 2024, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Team Game Tournament (TGT) Pada Aspek Maharah Qira’ah di Kelas 6 SD Islam Faza Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).
Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang menciptakan lingkungan kelas yang efektif, dimana semua siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan secara konsisten meneriman dukungan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Team Game Tournament (TGT) Pada Aspek Maharah Qira’ah dan hambatan dalam Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament pada Aspek Maharah Qira’ah di Kelas 6 SD Islam Faza Palembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SD Islam Faza Palembang, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data yang diperoleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Team Game Tournament (TGT) Pada Aspek Maharah Qira’ah di Kelas 6 SD Islam Faza Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024 terbagi menjadi 3 tahapan yaitu : 1) tahap perencanaan meliputi RPP dan Menyusun materi. 2) tahap pelaksanaan meliputi langkah-langkah penerapan pembelajaran team game tournament 3) tahap akhir meliputi evaluasi dengan menggunakan tes lisan dan tes tertulis. Adapun menurut siswa pembelajaran dengan tipe team game tournament sangat menyenangkan dan mudah dipahami dengan adanya tahap-tahap pembelajaran yang jelas. mereka sangat antusias dan merasa senang karena biasanya pembelajaran bahasa Arab monoton dengan metode ceramah dan secara tidak langsung siswa sudah memahami dan menguasai maharah qira’ah.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) , Maharah Qira’ah, SD Islam Faza Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 01:58 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 01:59 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/114 |