PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN SISWA BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS II SDIT BINA ILMU PEMALANG

FARISKON, NIM : 3200141 (2024) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN SISWA BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS II SDIT BINA ILMU PEMALANG. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN SISWA BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS II SDIT BINA ILMU PEMALANG.pdf] Archive
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN SISWA BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS II SDIT BINA ILMU PEMALANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fariskon, 2024, Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Keberhasilan Belajar Membaca Al-Qur’an di Kelas II SDIT Bina Ilmu Pemalang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap keberhasilan siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an di Kelas II SDIT Bina Ilmu Pemalang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam dan pengajarannya, yang dalam praktiknya sekolah masih mendapati beberapa siswa yang belum mencapai standar nilai yang ditetapkan sekolah. Diduga salah satu sebabnya adalah kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang perhatian orang tua (variabel X) sedangkan data tentang hasil belajar membaca AlQur’an siswa (variabel Y) didapat dari dokumen daftar nilai tes/ujian semester. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDIT Bina Ilmu Pemalang yang berjumlah 100 siswa, dengan sampel 76 responden yang diambil secara acak. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (hasil belajar membaca Al-Qur’an) kemudian data penelitian diolah untuk menjawab permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat rata-rata perhatian orang tua sebesar 60, termasuk dalam kategori cukup. Dan capaian rata-rata nilai Al-Qur’an sebesar 88 termasuk dalam kategori cukup pula. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk menguji hubungan antara perhatian orang tua dan keberhasilan siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,227 dengan nilai p sebesar 0,049. Hal ini menunjukkan korelasi positif lemah namun signifikan secara statistik antara perhatian orang tua dan hasil belajar membaca AlQur'an. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak, serta perlunya kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Keberhasilan Membaca Al-Qur’an, SDIT Bina Ilmu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:50
Last Modified: 30 Oct 2024 07:50
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item
View Item