PUTRI AYU WANDIRAH, NIM : 3200151 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN METODE WAFA PADA SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ UMAR BIN KHATTAB BATAM. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN METODE WAFA PADA SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ UMAR BIN KHATTAB BATAM.pdf
Download (1MB)
Abstract
Putri Ayu Wandirah, 2023/2024, Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Santri di Rumah Tahfidz Umar Bin Khattab Batam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).
Penelitian ini membahas peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan metode wafa pada santri di Rumah Tahfidz Umar Bin Khattab Batam. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kegiatan tahfiz yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menghafal santri, peran guru, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan metode wafa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang memuat sumber data primer dari hasil wawancara dan observasi lapangan, serta sumber data sekunder dari hasil dokumen tertulis maupun foto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori subtantif, yaitu mengatur data, mengurutkan, dan mengelompokkan, memberikan kode dan mengkategorikannya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menghafal santri sudah bagus, peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dengan metode wafa sudah berjalan dengan baik. Program tahfiz dilakukan dengan metode wafa, serta dilengkapi dengan muroja’ah setiap hari. Peran guru dalam meningkatkan menghafal Al-Qur’an dengan metode wafa, di antaranya membimbing siswa, memberikan waktu khusus untuk muroja’ah, mendampingi siswa dalam menyetorkan hafalan, memberikan motivasi terhadap siswa untuk lebih semangat lagi dalam menghafal dan muroja’ah serta memfasilitasi siswa dalam memperkuat hafalan. Beberapa hambatan yang ditemui oleh guru maupun siswa dalam menghafal Al-Qur’an adalah perbedaan kemampuan daya ingat anak, kurangnya peran orang tua dalam memberi dorongan dan pendampingan, terdapat beberapa ayat yang sulit dihafal, suasana yang terkadang kurang kondusif Sedangkan solusi dari hambatan tersebut dilakukan dengan meningkatkan motivasi dari guru, orang tua, dan siswa, menumbuhkan kesadaran untuk menjaga hafalan dalam diri siswa, serta mengulang-ulang talaqqi dan muroja’ah.
Kata Kunci: Guru, Kemampuan Menghafal Metode Wafa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 07:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:26 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/109 |