Pembelajaran Tahfidz Al Qur'an Dengan Metode Talaqqi Bagi Siswa Kelas V Di SD A 1 Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024

ANNISA NAJLA QONITAH, NIM : 3200092 (2024) Pembelajaran Tahfidz Al Qur'an Dengan Metode Talaqqi Bagi Siswa Kelas V Di SD A 1 Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of Pembelajaran Tahfidz Al Qur'an Dengan Metode Talaqqi Bagi Siswa Kelas V Di SD A 1 Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2024.pdf] Archive
Pembelajaran Tahfidz Al Qur'an Dengan Metode Talaqqi Bagi Siswa Kelas V Di SD A 1 Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Annisa Najla Qonitah, 2024, Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Dengan Metode Talaqqi Bagi Siswa kelas V Di SD Al Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2023 / 2024 Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran tahfidz Al Qur’an dengan metode talaqqi pada siswa kelas V di SD Al Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2023 / 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang dilakukan secara langsung dalam menemukan masalah yang terjadi dan data secara luas. Instrument penelitian yang digunakan ada metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Milles dan Hubberman

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah pertama mencakup pembelajaran teori tajwid melalui buku penunjang dari pihak sekolah yaitu Asy Syafi’I dan persiapan ayat yang disetorkan esok hari secara individual di depan guru. Proses pembelajaran tahfidz Al Qur’an dimulai dengan siswa mengulang hafalan secara mandiri sebelum menyetorkan hafalan kepada teman yang memiliki hafalan diatasnya. Durasi pembelajaran metode talaqqi adalah 140 menit, diikuti dengan pembelajaran tahfidz Al Qur’an selama 100 menit. Evaluasi yang dilakukan melalui evaluasi harian, evaluasi mingguan/bulanan, dan evaluasi jangka panjang. Faktor pendukung mencakup kualitas pengajar, kegiatan penunjang hafalan siswa, dan aplikasi E-Tahfidz. Sedangkan, faktor penghambat terdiri dari keterbatasan jumlah guru, daya serap siswa yang lemah, dan keterbatasan waktu. Dalam pembelajaran tahfidz Al Qur’an dengan metode talaqqi pada siswa kelas V di SD Al Wildan 2 Bekasi Tahun Pelajaran 2023 / 2024 dapat disimpulkan bahwa metode yang diterapkan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap bacaan Al Qur’an siswa di kelas V dari segi pelafalan huruf, panjang pendek, dan tajwid.

Kata Kunci: Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an, Metode Talaqqi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:10
Last Modified: 30 Oct 2024 07:11
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item