DIYAH LARASATI, NIM : 8200027 (2024) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN KELAS 1 DI SD ISLAM TAHFIDZ IMAM IBNU KATSIR KARAWANG JAWA BARAT. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN KELAS 1 DI SD ISLAM TAHFIDZ IMAM IBNU KATSIR KARAWANG JAWA BARAT.pdf
Download (1MB)
Abstract
Diyah Larasati, 2024, Strategi Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an Kelas 1 di SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP) Jawa Tengah Pemalang.
SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat adalah salah satu lembaga pendidikan non formal berbasis Al-Qur’an, dalam pembelajarannya lebih ke pembelajaran Al-Qur’an. Walaupun demikian SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat tetap menggunakan kurikulum nasional sebagai penunjang mata pelajaran pada umumnya. Strategi Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’annya yaitu dengan menerapkan: 1) Strategi persiapan 2) Strategi penguatan, 3) Strategi talaqqi (menyetorkan hafalan), 4) Strategi evaluasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada santri kelas 1 SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang dengan strategi manajemen yang sudah ada sehingga proses belajar mengajar tahfidz menjadi lebih maksimal dan target yang di tentukan akan tercapai. Tujuan dari pembelajaran Tahfidz ini adalah untuk Mencetak generasi Qur’ani yang berakhlak mulia sesuai Al-Qur’an dan Assunnah serta dapat mengamalkan dalam kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif yaitu riset yang bersifat deskripsi dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Penonjolan proses penelitian dan pemanfaatan landasan teori dilakukan agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar belakang penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Dalam Strategi manajemen ini menggunakan media sebagai alat bantu memudahkan hafalan yaitu dengan earphone dan Al-Qur’an (AlItqon). Earphone tersebut akan di masukkan memori card yang sudah di download murotal sesuai hafalan para peserta didik. Sambil mendengarkan murotal ini maka para santri juga akan membaca Al-Qur’an (Al-Itqon) sesuai yang dihafalkan. fungsinya untuk membantu menyamakan antara bacaan dan hafalan yang didengar. SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat menggunakan metode Audio dan Visual.Dimana Audio digunakan untuk memudahkan menghafal dan visual digunakan untuk memperbaiki bacaan. Sehingga akan didapati kesamaan antara bacaan dan pendengaran.Kemudian untuk lebih menguatkan lagi di SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat melakukan evaluasi para santrinya dengan melakukan ujian bulanan, ujian semester, dan ujian tahunan. Kendala yang dihadapi Ustadz/Ustadzah dalam proses pembelajaran tahfidz terutama kelas 1 di SD Islam Tahfidz Imam Ibnu Katsir Karawang Jawa Barat yaitu ada pada santri, lingkungan dan keluarga..
Keyword: Strategi, Manajemen, Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 07:03 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 07:03 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/106 |