IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT ARRAUDHOH MUARAJAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABDUL RAHIM, NIM : 3220078 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT ARRAUDHOH MUARAJAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT ARRAUDHOH MUARAJAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA.pdf] Archive
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SDIT ARRAUDHOH MUARAJAWA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA.pdf

Download (615kB)

Abstract

Abdul Rahim, 2024, Implementasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Ar Raudhoh Handil Muarajawa kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2023/2024

Sekolah Dasar islam terpadu Arraudhoh Handil Muarajawa ialah lembaga pendidikan sekolah yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara, berlandaskan islam dalam mencetak generasi yang unggu; di bidang agama serta mempunyai program unggulan dalam rangka menaikkan kecintaan anak pada ajaran agama terutama Al-Qur’an yakni pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, Tujuan penelitian ini ialah mengepahami pelaksanaan pembelajaran Tahfidz SDIT Arraudhoh Muarajawa tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini memakai tigulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesimpulan yang bisa diambil dalam penelitian ini ialah dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz di SDIT Arraudhoh Muarajawa tahun ajaran 2023/2024 dijalankan dalam berbagai tahap yakni tahap pertama ialah persiapan pembelajaran yang meliputi : salam, membimbing, doa. Tahap kedua pelaksanaan, dan tahap ketiga yakni evaluasi. Di SDIT Arraudhoh Muarajawa mengaplikasikan berbagai metode satu hari satu ayat dalam menghafal Al-Qur’an, muroja’ah atau mengulang hafalan sebelumnya, kitabah dengan cara menuliskan apa yang sudah dihafalkan, terakhir metode sima’i dengan cara menyimak atau mendengaran ayat ayat Al-Qur’an dari lisan maupun dari alat elektronik. Evaluasi dijalankan dalam 3 waktu yakni evaluasi uang dijalankan pada tiap kali pertemuan, evaluasi pertengahan semester dan evaluasi pada akhir semester. Adapun penilaiannya meliputi Mahorijul huruf dan tajwid.

Kata kunci : Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, karakter anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Admin a admin
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:57
Last Modified: 30 Oct 2024 06:57
URI: https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item