NENENG, NIM : 3200072 (2024) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PROGRAM PKBM DI MA'HAD ASY-SYIFA TAHFIDZ SCHOOL KELAS 7 AKHWAT. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PROGRAM PKBM DI MA'HAD ASY-SYIFA TAHFIDZ SCHOOL KELAS 7 AKHWAT.pdf
Download (1MB)
Abstract
Neneng, 2024, Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Program PKBM Di Ma’had Asyifa Tahfizh School Pada Kelas VII Akhwat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pemalang (INSIP).
Penelitian ini membahas efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Ma’had Asyifa Tahfizh School khususnya kelas VII Akhwat yang menggunakan kurikulum mandiri Program PKBM . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran PAI Program PKBM di Ma’had Asyifa Tahfizh School.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumen. Analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan atau verifikasi data, akhirnya pengujian keabsahan dengan cara triangulasi sumber yaitu keterangan wawancara yang diberikannya dalam wawancara tetap konsisten dan di tunjang dengan data dokumentasi berupa foto serta data lainnya seperti jurnal ilmiah, penelitian terdahulu dan teori-teori yang relevan dengan tujuan penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran PAI Program PKBM di Ma’had Asyifa Tahfizh School sudah berjalan baik . Hal tersebut berarti guru telah mengajar dengan metode bervariasi, guru telah memberi motivasi siswa dalam pembelajaran, guru telah mampu membangun suasana demokratis di sekolah, materi yang diajarkan guru dapat dengan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, guru telah mampu menciptakan suasana kondusif di kelas serta guru telah memberikan remidial dan diagnosis pada kesulitan belajar. Namun beberapa hambatan ditemukan dalam penelitian yaitu berupa kondisi siswa yang kurang fokus atau dalam kondisi mengantuk, beberapa siswa yang memiliki sikap kurang baik terhadap temannya, kondisi sarana dan prasarana yang belum memadai serta hasil akhir yang belum sesuai dengan aturan kediknasan.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, Program PKBM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Admin a admin |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:32 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:32 |
URI: | https://repository.stitpemalang.ac.id/id/eprint/104 |